Kamis, 09 Januari 2020

Tips Merawat Mobil Supaya tetap Awet

Di antara aspek perawatan mesin mobil yang paling penting adalah memeriksa tingkat oli mesin serta tingkat cairan transmisi. Berkendara dengan oli yang kurang dan sudah jelek dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada komponen mesin, yang mungkin menyebabkan perbaikan yang sangat mahal.
1. Untuk mengukur tingkat oli mobil, yang terbaik adalah memarkir mobil dalam posisi datar, dan mematikan mesin. Setelah sekitar 5 menit, angkat dipstick oli dari kompartemen mesin dan bersihkan dengan kain atau tisu bersih. Tempatkan kembali di mesin, lepaskan lagi dan catat level oli, yang harus setidaknya setengah di antara titik rendah dan tinggi.
2. Ini juga waktu yang tepat untuk mempertimbangkan apakah mesin mobil membutuhkan penggantian oli. Jika oli pada dipstick berwarna hitam itu menunjukkan oli mengandung partikel karbon, yang dapat mempengaruhi kinerja mesin. Jadi ini akan menjadi saat yang tepat untuk mengganti oli mobil lama dan menambahkan oli baru yang segar.
3. Jika levelnya terlalu dekat dengan tanda minimum pada dipstick. Tambahkan oli mesin yang baru secara perlahan, beri oli kesempatan untuk mengendap dan kemudian periksa levelnya lagi sebelum menutup tutup kompartemen oli.




Memeriksa Oli Transmisi
Memastikan tingkat Oli transmisi juga sama pentingnya dan perlu untuk diperhatikan ketika melakukan perawatan mesin mobil. Oli transmisi bertanggung jawab untuk melumasi proses penting transmisi daya ke roda dan memungkinkan penggantian gigi yang mulus.
1. Pada mobil transmisi manual, keluarkan dipstick dengan mobil dalam kondisi netral, periksa levelnya dan pastikan sudah mendekati tanda “penuh”.
2. Cairan harus berwarna jernih, jadi jika kita melihat cairan telah menjadi gelap dan mengandung partikel, kita perlu untuk mengganti dengan oli yang baru
Periksa kondisi Aki
Periksa baterai untuk melihat apakah ada kerusakan pada unit, dan periksa apakah ada korosi di terminal, yang dapat menyebabkan koneksi yang buruk dan bahkan kegagalan untuk distater. Beberapa cara sederhana untuk memeriksa baterai mobil adalah dengan melihat indikator yang berada pada bagian aki. Bacalah petunjuk dengan baik, jika perlu tambahkan air aki pad alevel yang diminta.
Dengan semua pemeriksaan dan prosedur di atas, penting untuk selalu memeriksa mobil yang kita miliki secara berkala. Selain itu kenalilah karkater mesin kendaraan tersebut, pahami kebutuhan Oli Mobil terbaik apakah yang cocok dengan karakter mobil tersebut. Perawatan mesin mobil di atas dapat membantu memperpanjang umur mesin dan baterai mobil Anda, sehingga memberi pengalaman berkendara yang menyenangkan selama berbulan-bulan dan bertahun-tahun kedepan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar